Minggu, 25 Desember 2011

PENJELASAN MENGENAI PERKEMBANGAN TEORI ATOM DALAM SURAT SABA (no surat 34) ayat 3
oleh Nur Hidayati pada 29 Juni 2010 pukul 22:16
Seperti kita ketahui bahwa perkembangan teori atom dimulai dari pendapat ahli filsaFat bangsa yunani diantaranya pendapat dari DEMOCRITUS yang menegaskan pendapatnya bahwa "MATERI TERSUSUN ATAS PARTIKEL - PARTIKEL KECIL YANG TIDAK DAPAT DIBAGI - BAGI LAGI DAN DISEBUT ATOM ".Konsep atom ini hanya merupakan pendapat tanpa didukung oleh suatu pembuktian berupa fakta dari suatu proses kimia.
Hal tersebut sebetulnya kalau dihubungkan dengan perkembangan teori atom yang sampai sekaran kita gunakan sesungguhnya sudah ada dan tercantun dalam ALQURAN NUR KARIM yaitu surat "SABA" ayat 3 yang berbunyi ;
"Wa qaala ladzinina kafaruu laa ta'tiinas saa'atu qul balaa wa rabbillata'tiyannakum 'alimil ghaibi laa ya'zubu 'anhu mitsqaaludzarratin fissamaawaati wa laa fil ardhi wa laa ashgharu min dzaalika wa laa akbaru illa fii kitaabim mubiin"
artinya
" Orang - orang kafir berkata : "Kiamat itu tidak akan pernah datang kepada kami " Jawablah : Pasti datang Kepadamu, demi Tuhanku yang mengetahui segala yang gaib . Tiada yang tersembunyi dari pada NYA seberat zarah (atom)pun yang ada dilangit dan yang ada di bumi dan tidak ada pula yang lebih kecil(1) dan yang lebih besardari itu , yang tidak tercatat dalam "kitab yang terang"

(1) Kalimat diatas menjelaskan penolakan atas pendapat dari DEMOCRITUS ( kurang lebih 5 abad s. M )ang menyatakan pendapatnya bahwa atom merupakan materi terkecil yang tidak bisa dipecah lagi. Al Qu'ran membantah pendapat ini bahwa ada yang lebih kecil dari atom ., atau atom masih bisa dipecah .Ini terbukti dengan ditemukannya partikel dasar penyusun atom , adanya elektron , netron, proton dll.

Kesemuanya partikel itu ditemukan sesuai dengan perkembangan teori atom yang dimulai dari :
1. teori atom Dalton
2. teori dan atom Thomson
3. teori dan model atom rutherford
4. teori dan model atom niel bohr
5. teori dan model atom mekanika kuantum

Cukup jelaslah ternyata pembuktian secara ilmu pengetahuan dan sumber informasi yang paling akurat adanya dalam AlQuran .Karena penjelasan dalam Alquran jauh lebih dulu adanya sebelum ilmu pengetahun khususnya perkembangan teori atom itu ada. Dengan demikian perteballah Iman Dan Taqwa Kita terhadap sang Pencipta ALLOH AZZA WA JALLA semua yang ada di langit dan yang ada di bumi .

Semoga kita senantiasa tetap istiqomah mempertebal iman kita amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar